Monday 14 February 2011

Rehabilitasi Sarana Air Bersih




Secara fisik air bersih adalah air yang layak dikonsumsi masyarakat dengan syarat  tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa.
Desa Pabbaresseng merupakan salah satu Desa yang baru saja mekar, dimana di Desa ini sumber air bersih sangat susah, kecuali mengambil dari Sungai (Sungai Bua) sebagai sumber air. Sumber air bersih di desa ini perlu di lakukan pengelolaan agar tidak terjadi konflik dimasa yang akan datang.
            Yang menjadi persoalan dalam pemanfaatan air bersih adalah distribusi dan pemeliharaan air bersih yang belum maksimal, hal ini terlihat dengan adanya pembagian air yang tidak merata karena .........
Hal lain adalah sering terjadi penyumbatan pipa-pipa air karena kotoran dan rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan menyebabkan masyarakat membuang sampah disembarang tempat, akibatnya banyak terlihat lalat yang membawa wabah penyakit diare.  Kegiatan rehabilitasi sarana air bersih dilakukan oleh POKJA Sarana Air bersih yang terbentuk melalui musyawarah yang akan mengkoordinir promosi kegiatan proyek dan tujuannya, mengidentifikasi serta pengumpulan sumber daya masyarakat (material, tenaga tukang, tenaga gotong royong). Sumber daya tersebut/ merupakan kontribusi masyarakat pada proyek sebagai pendamping bantuan yang diberikan oleh proyek. Proyek akan mendukung design dan pembangunan SAB densan sistem gravitasi yang bisa melayani masyarakat. Kegiatan konstruksi akan dikoordinir oleh kelompok  pelaksana pembangunan. Penyediaan dan distribusi air bersih di Pabbaresseng diperlukan sistem Pelayanan Penyediaan air bersih dengan kriteria sebagai berikut:
·         Sistem yang handal
·         Mudah dioperasikan dan dipelihara
·         Sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat

No comments: