Saturday 29 January 2011

PNPM-MPd Bua Percepat RPJMDes


Adsense



Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) yang dituangkan dalam Peraturan Desa (Perdes) yang dilaksanakan oleh program PNPM-MPd kecamatan Bua hingga saat ini belum sepenuhnya rampung, “baru ada beberapa desa yang sampai saat ini sedang mengerjakan dan memasuki tahapan Lokakarya Desa yang segera rampung, diantaranaya adalah Desa Pabbaresseng, Desa Tanarigella, Desa Raja, Desa Barowa dan Desa Bukit Harapan” Jelas Asbal Ibrahim fasilitator PNPM-MPd Kecamatan Bua saat dikonfirmasi pada acara Musyawarah Desa di Pabbaresseng, (Sabtu 18/1/2011). Dari 14 Desa dan 1 Kelurahan selain kelima desa yang memasuki tahapan lokakarya desa-desa tersebut sedang dalam penyusunan konsep, tambahnya.

Keterlambatan penyusunan RPJMDesa menurut Irpan salah seorang Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) kelurahan Sakti mengalami kendala karena konsep pembuatan untuk tingkat kelurahan tentunya berbeda dengan konsep desa, misalnya saja dari segi perundang-undangan dan penetapan, karena Kelurahan tidak memiliki BPD, tentunya siapa yang akan menetapkan apakah Kelurahan atau Kelurahan bersama masyarakat. “ kami tetap membuatnya, dan kami akan konfirmasi lebih lanjut dengan pihak terkait untuk sempurnanya, yang jelas kita tetap buat sesuai dengan surat edaran Bupati dan Camat agar segera membuat RPJMDesa” jelasnya

Muh. Yusuf Ketua TPK Desa Raja, juga mengakui keterlambatan penyusunan RPJMDesa disebabkan karena konsep dan penyusunan lebih banyak dikerjakan oleh TPK, “saat ini kami sedang melaksanakan program Fisik PNPM-MPd tetapi kami juga harus menyelesaikan RPJMDesa, sehingga penyelesaiannya agak sedikit terlambat, pelaksanaannya tinggal melakukan sosialisasi atau Lokakarya Desa ” ungkapnya.

Hasil pemantauan kami di Kecamatan Bua, pada umumnya program yang diusulkan desa berupa infrastruktur perdesaan seperti MCK, Talud, Irigasi, Drainase, Tanggul, Bronjong dan pembuatan Jalan Jembatan, dengan sumber dana umumnya lebih banyak diusulkan lewat PNPM-MPd. Hal ini menurut Satti salah seorang TPK desa Tanarigella yang panggilan akrabnya BRoto,menjelaskan bahwa pengusulan program lewat PNPM-MPd lebih cepat dan Nyata.


Kepala Desa Bukit Harapan (Kiri) Bersama Pelaku PNPM-MPd Kec. Bua Mengunjungi Pembuatan Rabat Jalan seusai Musyawarah Desa (Foto:Muh. Amran Amir)


Jalan Rabat Yang Dibangun program PNPM-MPd di Desa Bukit Harapan (Foto : Muh. Amran amir)


No comments: