Saturday 20 August 2011

Perjalanan PNPM-MPd


PENDAHULUAN

Pembuatan Drainase Dusun Salukaroe Desa Pabbaresseng yang dilaksanakan oleh Program PNPM-MPd
Pembangunan infrastruktur perdesaan guna meningkatkan perekonomian, mengurangi  pengangguran, menambah lapangan kerja serta mengangkat status pembangunan perdesaan  merupakan salah satu program pemerintah guna pemerataan pembangunan disegala aspek yang tertuang dalam kerangka program pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan (PNPM-MPd). 

Desa Pabbaresseng sejak terbentuk menjadi desa defenitif 2008, guna sejajar dengan desa-desa lain dalam wilayah Kec. Bua Kab.Luwu Provinsi Sulawesi Selatan, Program PNPM-MPd dalam Perjalanannya merupakan gerakan awal pembangunan perdesaan, yang dimulai dengan pembangunan fisik 2009, meski sebelumnya sejak masih bersatu dengan Desa induk (Desa Barowa) telah menikmati program semacamnya yaitu PPK (Program Pengembangan Kecamatan) seperti  Pembuatan sarana Air Bersih, Pembuatan Jalan Baru menuju Desa Pammesakang, dan Pembuatan Posyandu. 

Pembangunan Infrastruktur perdesaan desa Pabbaresseng sejak 2009 hingga sekarang (2011) mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, hal ini ditandai dengan adanya beberapa sarana fisik yang telah dibuat PNPM-MPd  seperti Tambatan Perahu 2009 Dusun Muladimeng dengan anggaran Rp. 152.757.000, Pembuatan Talud Jalan Ke Pammesakang 2010 Dusun Kapopang dengan anggaran Rp. 224.000.000,- dan Drainase 2011 Dusun Salukaroe dengan anggaran Rp. 209.000.000,-.

Dengan Hasil tersebut guna pemerataan pembangunan infrastruktur perdesaan desa Pabbaresseng, maka kedepan tahun 2012 pembangunan PNPM-MPd Insya Allah akan diarahkan ke Dusun Labuang, agar supaya hasil  pembangunan yang dilaksanakan oleh PNPM-MPd merata di semua dusun, sehingga pelaksanaannya berjalan sesuai dengan prinsip PNPM-MPd yaitu  Bertumpu pada pembangunan manusia, Otonomi, Desentralisasi, Berorientasi pada masyarakat miskin, Partisipasi, Kesetaraan dan keadilan gender, Demokratis, Transparansi dan Akuntabel, Priorita dan  Keberlanjutan .    

No comments: