Skip to main content

Kapurung : Makanan Khas Luwu Palopo

Makanan khas orang Luwu Palopo ini namanya Bugalu atau biasa juga disebut Kapurung, terbuat dari bahan dasar Sagu, bisa pula dari tepung Kanji. Bumbu bisa divariasikan tergantung rasa dan selera kita.

Umumnya masyarakat Luwu Palopo menyajikan Bugalu (Kapurung) dengan bumbu sederhana, cukup dengan sayur dan air ikan ditambah asam cuka dicampur lombok. Bahkan adapula yang menggunakan bumbu Sari Mie atau ikan kaleng.

Untuk menikmati makanan ini cukup jalan-jalan ke Luwu atau Palopo, atau bisa dengan mencoba membuatnya sendiri. Selamat menikmati


Sajian Kapurung, makanan khas orang Palopo-Luwu
Sajian Kapurung, makanan khas orang Palopo-Luwu

Sajian Kapurung, makanan khas orang Palopo-Luwu
Post a Comment

Popular posts from this blog

Analisis SWOT

1.2Teknik Analisis SWOT Analisis SWOT adalah instrumen yang digunakan untuk melakukan analisis strategis.  Menurut Drs. Robert Simbolon, MPA (1999), analisis SWOT merupakan suatu alat yang efektif dalam membantu menstrukturkan masalah, terutama dengan melakukan analisis atas lingkungan strategis, yang lazim disebut sebagai lingkungan internal dan lingkungan eksternal.  Dalam lingkungan internal dan eksternal ini pada dasarnya terdapat empat unsur yang selalu dimiliki dan dihadapi, yaitu secara internal memiliki sejumlah kekuatan-kekuatan (strengths) dan kelemahan-kelemahan (weaknesses), dan secara eksternal akan berhadapan dengan berbagai peluang-peluang (oppotunities) dan ancaman-ancaman (threats).
Dekade ini rasanya menjadi sebuah momen bersejarah bagi peradaban manusia.  John Naisbitt menyebutnya sebagai the most exiting dekade sedangkan Ravi Batra menyebutnya sebagai the dekade of great depression.  Yang jelas apa pun kata mereka dekade ini telah menyadarkan kita bahwa sesungguhnya …

KOPERASI DAN KOPERASI SEKOLAH

Adsense

A. Pengembangan Koperasi
Perekonomian Indonesia di susun sebagai usaha bersama berasaskan kekeluargaan.Organisasi yang sesuai dengan tata perekonomian tersebut adalah Koperasi.Koperasi merupakan organisasi ekonomi rakyat yang berwatakkan sosial.

1. Pengertian Koperasi Indonesia

Koperasi berasal dari kata “co”yang berarti bersama dan “operasion”yang berarti bekerja.Jadi,secara bahasa Koperasi berarti suatu perkumpulan yang beraggotakan orang ataupun badan yang melakukan kerja sama.
Menurut UU Nomor 12 Tahun 1967,Koperasi Indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial beraggotakan orang-orang atau badan hukum Koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Menurut UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian,pengertian Koperasi adalah badan usaha yang beraggotakan orang atau per orang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekon…

Pendidikan Konservasi Pada Usia Dini

Kristianto Dw
Muh. Amran Amir

I.PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Indonesia merupakan negara megabiodiversity, artinya mempunyai keanekaragaman yang tinggi. Walaupun luas Indonesia hanya 1,3% dari luas total daratan dunia, Indonesia memiliki sedikitnya 90 tipe ekosistem, mulai dari padang salju di puncak Jaya Wijaya, alpin, sub pegunungan hingga hutan dataran rendah, hutan pantai, padang rumput, savana, lahan basah, muara dan pesisir pantai, mangrove, padang lamun, terumbu karang hingga perairan laut dalam. Dalam hal kekayaan spesies di Indonesia terdapat sekitar 12% (515 spesies, 39% endemik) dari total spesies mamalia, 7,3% (511 spesies, 150 endemik) dari total spesies reptil di dunia, sekitar 17% (1531 spesies, 397 endemik) dari total spesies burung di dunia, 270 spesies amfibi (100 endemik), dan 2.827 spesies binatang tidak bertulang belakang, selain ikan air tawar (Indrawan et al., 2008). Keanekaragaman hayati di Indonesia kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia sendiri. Penelitian yang …

SALAM

Selamat Datang di Mediaku
Media yang menayangkan info-info menarik seputar anda.
Saran dan kritik silahkan hubungi kami melalui email : forestapalu@gmail.com. Terima Kasih