Sunday 15 August 2010

SKRIPSIKU IV. KEADAAN UMUM LOKASI PENELITIAN


IV. KEADAAN UMUM LOKASI PENELITIAN
4.1. Letak dan Luas   
Desa Toro secara administratif berada dalam wilayah Kecamatan Kulawi Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
-          Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Mataue Kecamatan Kulawi
-          Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Oo Parese Kecamatan Kulawi
-          Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sungku Kecamatan Kulawi
-          Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Katu Kecamatan Kulawi
            Luas wilayah Desa Toro adalah 29.950 Ha, dengan administrasi pemerintahan didukung oleh  tujuh dusun

4.2. Keadaan Topografi
            Kondisi topografi Desa Toro berupa dataran dan pegunungan. Total luas Dataran dan Perbukitan/Pegunungan adalah 22.950  dengan rincian : Dataran 7.950 meter atau 36,64%, Perbukitan/Pegunungan 15.000 atau 65,36%. (BPS Provinsi Sulawesi Tengah, 2004)

4.3. Keadaan Iklim dan Curah Hujan
            Keadaan iklim Desa Toro dan sekitarnya umumnya memiliki tipe iklim A menurut klasifikasi iklim Schmidt dan Ferguson. Kondisi suhu udara rata-rata antara 18oC-30oC. Kawasan ini memiliki curah hujan tahunan 2.200 mm/tahun. (BPS Provinsi Sulawesi Tengah, 2004).
4.4. Keadaan Vegetasi
            Komposisi flora yang ada sangat bervariasi, jenis yang banyak ditemukan antara lain : Lebanu kuning (Neonauclea sp), Ningko (Meliosma sumatrana), Marangkappi (Meliosma nitida), Andolia (Cananga odorata), Kume (Palaquium sp) Betau (Calophyllum souletri), Ntorode (Pterospermum celebicum), Palili (Lithocarpus celebicum), Kolewuri (Trema orientalis), Huka (Gnetum gnemon), Kaha (Castanopsis accuminatissima) dan lain lain. Untuk keadaan vegetasi disajikan  pada hasil dan pembahasan.

4.5. Keadaan Sosial Ekonomi
4.5.1. Aksesibilitas

            Aksesibilitas yang ada untuk menuju lokasi penelitian cukup baik. Keadaan dan jenis alat transportasi yang dapat digunakan cukup tersedia. Waktu tempuh yang digunakan dari Palu menuju Desa Toro ±2,5 jam. Jarak antara desa Toro dengan Ibukota Provinsi  ±105 km, dari ibukota Kecamatan  ±16 km.

4.5.2. Keadaan Penduduk
a.      Jumlah Penduduk
             Total jumlah penduduk Desa Toro adalah 2.069 jiwa, dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 540 KK. Secara rinci keadaan jumlah penduduk Desa Toro adalah  Laki-laki 1.087 jiwa atau 52,54%, dan Perempuan 982 jiwa atau 47,46% (BPS Provinsi Sulawesi Tengah, 2004).

b.      Pendidikan
Tingkat pendidikan masyarakat Desa Toro umumnya masih sangat rendah yaitu rata-rata berpendidikan Sekolah Dasar (SD), dengan fasilitas pendidikan di desa ini yaitu Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD)

c.       Agama
Penduduk desa Toro sebagian besar memeluk agama Kristen dan sebagian lainya beragama Islam. Keadaan beragama di desa ini sangat menjunjung tinggi nilai kerukunan beragama.Disamping itu masyarakat desa ini sangat menjunjung tinggi dan mengakui adanya hukum adat, sehingga norma adat di desa ini masih memegang peranan dalam menyelesaikan permasalahan sosial. Jumlah sarana ibadah Mesjid sebanyak 1 dan Gereja 7. Sedangkan Penduduk beragama Islam 5.10 jiwa, dan Kristen 1.559. (BPS Provinsi Sulawesi-Tengah, 2004). 

d.      Matapencaharian.

Matapencaharian penduduk umumnya adalah Petani, Pedagang dan sebagian adalah Pegawai Negeri Sipil.

1 comment:

Anonymous said...

Hi there, just became alert to your blog through Google, and found that it's
truly informative. I'm going to watch out for brussels.
I will appreciate if you continue this in future.
Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!